Kamis, 26 Maret 2009

Panduan membeli peralatan elektronik yang diinginkan, jadi atau tidak? (bagi individu dengan budget terbatas).

Dalam keseharian, kita akan di hadapkan kepada sebuah peralatan yang sangat indah dan menarik di depan mata. Dengan segala kelebihan dan segala kecanggihan yang dimiliki. Dengan segala kemudahan dan jangkauan harga yang bervariasi. Dalam sebuah kedipan mata, kita sudah memegang dan bertanya banyak hal kepada sang penjual mengenai barang ini.

Hingga suatu saat barang ini sudah ada di pelukan, dengan senyum lebar dan hati yang berbunga bunga barang ini sudah ada di rumah dan siap untuk dipergunakan. Awal bulan ini merupakan hari hari yang terindah, dengan adanya sebuah peralatan nan canggih, elok dan membesarkan hati.

Namun semua suka cita tersebut, harus anda simpan dalam sudut senyum kecil di ujung hati yang terdalam. Ketika pada pertengahan bulan, datang tagihan rutin yang harus kita keluarkan barulah terlihat peralatan yang kita beli tidaklah terlalu menyilaukan mata. Tidak ada lagi keceriaan yang sama seperti dulu, tiada lagi superioritas dari kelebihan dan kemudahan barang yang di elu-elu kan tersebut. Semua terbenam dalam ngepasnya uang di saku dan tabungan.

Penyesalan memang datang belakangan, namun ada beberapa logika dasar, agar anda dapat menahan diri dalam membeli barang yang di tawarkan

  1. Hitung semua manfaat yg di memiliki barang ini

Pilah dan infentaris satu demi satu, kegunaan dan fungsi dari peralatan tersebut. Apakah kita memerlukan semua fungsi atau kegunaan barang tersebut atau kita sudah memiliki beberapa fungsi dan kegunaan barang tersebut tanpa kita sadari.

  1. Perhatikan feature baru yg di tawarkan, apakah dapat di gantikan fungsinya dengan perlatan yang sudah kita miliki?

Terkadang teknologi baru hanya menawarkan dari sisi kemudahan penggunaan, meskipun di lihat fungsi dan tujuannya sama dengan peralatan yang sudah kita miliki. Sekarang tanyakan kepada diri anda sendiri, apakah tanpa peralatan baru ini, anda tidak dapat beraktifitas.

  1. Selalu mencari informasi lebih tentang barang tersebut di tempat lain, selain yang di beritahukan pihak penjual.

Banyak barang yang lebih baik ataupun lebih murah di dapatkan karena anda mau mengeluarkan tenaga lebih untuk berkunjung ketempat lain atau survey terlebih dahulu. Lebih capek = lebih murah.

  1. Tentukan batasan atas biaya yang sanggup anda keluarkan

Jangan terpaku dengan barang dan merek yang di tawarkan, kemudahan dalam pelunasaan biaya ataupun discount potongan harga. Kemampuan anda dalam menghitung pengeluaran bulanan adalah sarat mutlak agar tidak besar pasak dari pada tiang.

  1. Apakah dengan memiliki barang ini, maka produktifitas anda semakin meningkat, atau bahkan menambah penghasilan anda?
  2. Adakah keperluan pengeluaran lain dalam waktu dekat ini atau tujuan jangka panjang yang mengharuskan anda berhemat?
  3. Sudah punyakan simpanan dana untuk keadaan darurat?
  4. Renungkan dan kaji kembali apakah dengan memiliki barang ini merupakan keharusan, keinginan atau hanya sekedar ikut trend

Apabila dari keseluruhan pertanyaan tadi masih banyak terjawab hasil negative maka keputusan terbaik harus menolak fatamorgana yang ada di pelupuk mata tersebut.

Namun bila peralatan tersebut benar benar sudah membutakan mata kita, maka hal yang harus kita lakukan setelah membeli agar tidak ada penyesalan di lain waktu adalah menjadikan peralatan ini sangat tepat dan berguna bagi diri kita. Hingga timbul pertanyaan terakhir adalah: Apakah kita sudah memilih barang yang tepat ?

Hal yang perlu di lakukan:

  1. Jangan membandingkan sesuatu yang telah kita beli dengan barang yang lain.

Tidak ada istilah sempurna, karena pada prinsipnya, diatas langit masih ada langit yang lain. Peralatan yang kita beli harus diyakinkan pas dengan kebutuhan kita saat ini.

  1. Pergunakan kelebihan dan feature peralatan tersebut pada keseharian anda.

Semakin sering peralatan ini bermanfaat bagi anda, maka tidak ada kata penyesalan yang terucap

  1. Menjadikan peralatan ini sebagai sesuatu yang menyenangkan

Walaupun ada beberapa feature yang tidak sesuai dengan harapan anda, selalu focus kepada bagian yang menyenangkan bagi anda

  1. Menunda pembelian barang dengan feature yang sama dalam jangka waktu 2 tahun kedepan

Hampir semua teknologi baru sekarang, mampu mengejar trend hanya dalam jangka waktu 2 tahun. Maka tunda pembelian barang dengan spesifikasi yang sama minimal 2 tahun kedepan atau ketika barang tersebut rusak dan tidak dapat di perbaiki kembali.

  1. Mencari solusi dalam pelunasan pembayaran.

Apabila peralatan ini menunjang aktifitas di tempat anda bekerja, mintalah subsidi dan kemudahan pembayaran peralatan tersebut dari pihak perusahaan. Bila peralatan ini di nikmati tidak saja oleh anda sehari hari, maka dapat di usulkan pelunasan sembayaran secara bersama

Selamat mencoba tips ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar