Jumat, 27 Maret 2009

4 HARI MENJADI JAGO 3D MAX (3)

HARI KE 2 MENJADI MASTER 3D MAX



EDIT MESH



  • Buat sebuah object box, dengan kondisi masih terpilih lakukan
  • Pilih tab modify, pada modifier list dropdown menu pilih edit mesh, pada menu selection pilih vertex
  • kembali view object dan pilih vertex ( titik poligon) pilih beberapa titik sekaligus, ubah fungsi mouse menjadi select dan move, geser titik tersebut dan lihat perbedaan gambar di view perspective.
JOIN OBJECT

  • Buat 1 buah box dan satu buah bola, letakkan saling bersinggungan satu dengan yang lain, lalu pilih object pertama yaitu box
  • Pilih tab create, pilih geometry, lalu pada drop down menu pilih compound object, lalu pilih menu bolean, dan pilih tombol pick operand B
  • Arahkan mouse ke object ke 2 yaitu bola dan klik

CAMERA

  • pilih create, cameras dan pada type pilih target
  • Arahkan mouse ke view top, pilih posisi di depan object, lalu klik dan tahan, geser mouse mendekati object dan lepas klik.
  • Akan di dapati, sebuah benda mirip camera dan sebuah titik fokus kamera
  • Arahkan mouse ke view perspective, aktifkan view dengan klik kanan sekali di view perspective tersebut, dan tekan huruf 'c' pada keyboard, maka tampilan perspektive tersebut akan berubah menjadi tampilan camera
  • ubah mouse menjadi tombol move, ubah posisi kamera dan fakus kamera sesuai yang di butuhkan
  • Agar merender selalu di view camera, maka pilih menu rendering > render ( atau tekan f10), lalu pada kotak pop up pilih pada bagian paling bawah bagian 'viewport', ganti menjadi 'camera01' dan tekan tombol gembok, lalu render dan kotak bisa di tutup

TEXTURE


  • Pilih object yang akan kita berikan texture, lalu tekan huruf 'm' pada keyboard
  • Pilih pada bola material yang masih kosong, expand sub kolom maps, dan klik tombol none disebelah difuse color
  • Akan muncul popup baru sbb:
  • Pilih bitmap dan akan muncul kotak browse untuk memilih texture
  • lalu pilih icon 'assign material to selection' bergambar :


Basic project ( jendela)

  • Yang dibutuhkan = 17 object box
  • 4 texture / warna

Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar