HARI KE 3 MENJADI MASTER 3D MAX
PANTULAN ( EFEK KACA)- Lakukan prosedure texturing object seperti biasa
- Pilih pada sub menu maps, tombol di sebelah kanan reflection
- Pada pop up pilih Raytrace, lalu klick tombol go to parrent, dan atur prosentasi reflection ke 10% sd 25%
note : pada object yang menggunakan raytrace, pergunakan texture biasa terlebih dahulu, atau menggunakan warna dasar, dengan menuju ke parrent menu dan di blinn basic parameters, klik di kotak warna di sebelah difuse dan pilih warna yang dinginkan
ARRAY
- Buat sebuah box dengan bentuk memanjang seperti balok
- dengan object masih terpilih, arahkan mouse ke menu tools >array
- Pada Type object pilih Instance, agar bila object asal di ubah, maka semua object akan berubah, pilih copy bila semua object akan dapat di ubah masing masing tanpa mengganggu object yang lain
- Pilih arah dimensi duplikasi, jumlah dan posisi atau jarak
BEND
- Buat sebuah box dengan bentuk memanjang seperti balok
- Perbanyak segmentasi dari tiap axis ( lebih dari 10 )
- dengan object masih terpilih, pilih tab modify, dan pada modifier list pilih 'bend'
- Pada bend axis pilih lengkungan dilakukan terhadap sumbu apa,
- isikan angka di angle dan direction dan lihat apa yang terjadi
TEXTURE LANJUTAN, UVW MAPPING
- Apabila sebuah object sudah ter texture dan akan di benahi posisi texture, atau ukuran texture tersebut maka di pergunakan UVW mapping
- Dengan object tertexture terpilih, pilih tab modify, pada modifier list pilih UVW MAP
- Pada parameter, sesuaikan dengan object yang bersangkutan, untuk bentuk kotak, dapat di pergunakan planar ataupun box, pilih ukuran besar map dan jumlah pengali
- Bila ingin mengatur texture secara manual, dan tanpa merubah posisi object lakukan :
- Dengan memilih perintah gizmo, arahkan mouse ke view yang dituju dan kotak berwarna oranye dapat di geser dan diputar tanpa merubah posisi object.
- Lakukan render untuk melihat hasil mapping
Tidak ada komentar:
Posting Komentar