HARI KE 2 MENJADI MASTER 3D MAX
EDIT MESH- Buat sebuah object box, dengan kondisi masih terpilih lakukan
- Pilih tab modify, pada modifier list dropdown menu pilih edit mesh, pada menu selection pilih vertex
- kembali view object dan pilih vertex ( titik poligon) pilih beberapa titik sekaligus, ubah fungsi mouse menjadi select dan move, geser titik tersebut dan lihat perbedaan gambar di view perspective.
- Buat 1 buah box dan satu buah bola, letakkan saling bersinggungan satu dengan yang lain, lalu pilih object pertama yaitu box
- Pilih tab create, pilih geometry, lalu pada drop down menu pilih compound object, lalu pilih menu bolean, dan pilih tombol pick operand B
- Arahkan mouse ke object ke 2 yaitu bola dan klik
CAMERA
- pilih create, cameras dan pada type pilih target
- Arahkan mouse ke view top, pilih posisi di depan object, lalu klik dan tahan, geser mouse mendekati object dan lepas klik.
- Akan di dapati, sebuah benda mirip camera dan sebuah titik fokus kamera
- Arahkan mouse ke view perspective, aktifkan view dengan klik kanan sekali di view perspective tersebut, dan tekan huruf 'c' pada keyboard, maka tampilan perspektive tersebut akan berubah menjadi tampilan camera
- ubah mouse menjadi tombol move, ubah posisi kamera dan fakus kamera sesuai yang di butuhkan
- Agar merender selalu di view camera, maka pilih menu rendering > render ( atau tekan f10), lalu pada kotak pop up pilih pada bagian paling bawah bagian 'viewport', ganti menjadi 'camera01' dan tekan tombol gembok, lalu render dan kotak bisa di tutup
TEXTURE
- Pilih object yang akan kita berikan texture, lalu tekan huruf 'm' pada keyboard
- Pilih pada bola material yang masih kosong, expand sub kolom maps, dan klik tombol none disebelah difuse color
- Akan muncul popup baru sbb:
- Pilih bitmap dan akan muncul kotak browse untuk memilih texture
- lalu pilih icon 'assign material to selection' bergambar :
Basic project ( jendela)
- Yang dibutuhkan = 17 object box
- 4 texture / warna
Selamat mencoba...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar