Selasa, 26 September 2017

Ganti domain dengan frame, joomla jadi tidak mobile responsive

Pada jaman dahulu, saya dapet project membuat website dengan joomla. Lalu saya hosting di pt A tanpa nama domain, karena nama domain sudah di daftarkan di pt B.

Singkat cerita, joomlanya berhasil dengan tampilan web dan mobile dengan plugin jl_brezz_free  yang gratisan. check di laptop keluar tampilan desktop, dan check di hp keluar tampilan mobile. beres.

Tinggal saatnya di forward domain nya. dan berhasil..... seharusnya. Ketika check di laptop tidak ada masalah, namun ketika check di HP kok yang muncul tampilan desk top bukan tampilan mobile. Lalu pusing selama 2 hari....

Kemaren 3 hari sudah berlalu, masih pusing. sekarang sudah bisa, dan saya perlu dokumentasikan sbb:

Penyebab Utama:

DNS forward dari pt. B menggunakan masking yang nota bene mengikutkan frame dalam memanggil alamat web nya. Sedang kan frame tersebut membuat css responsive joomla nya jadi tidak bisa mendetect versi mobile.

Solusi:
Matiin saja maskingnya.

Tapi......
Alamat web nya berubah jadi alamat ip si hosting. (kok ngono?). Akhirnya telp pt. A, kirain dia bisa bantu, ternyata teknik forwarding nya di serahkan ke pt.B. dan pt B hanya ada interface forwarding yang minimalis. dan saya tidak ada hosting di pt.B untuk manipulasi dan cobacoba. Di tawarin ke yang punya website gak mau tampilan seperti itu... wedeh. mentok.

Akhirnya....

Googling 1 harian.

dan mendapatkan triks....

Karena frame si penyebab masalah, dan frame nya tidak bisa di hilangin (mungkin bisa, ada yang pakai cara reload ulang web dengan atribut _top sehingga framenya hilang. tapi saya tidak jalan), berarti frame nya harus di akalin. dan ada interface di pt.B untuk nambahin tag meta html.

inti ngakalinnya, adalah tambahin coding yang di pakai untuk detect browser mobile nya joomla ke
tag meta (pintunya itu doang). Tetep pakai masking dan syntax nya adalah sbb:

<meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1, maximum-scale=1, user-scalable=0" />

beres.

semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar